Bagaimana Cara Merawat Kelembutan Kulit Bayi

Diposkan oleh viproject on Wednesday, August 29, 2012

merawat kulit bayi
CaritauNews - Saat masih balita, kulit anak masih sangat sentisitif dan sangat rentan dengan gangguan kulit. Diperlukan adanya perawatan yang cermat terhadap kulit bayi. Ketidakcermatan dalam perawatan bayi dapat menyebabkan berbagai gangguan terhadap kulit, diantaranya disebabkan oleh biang keringat, ruam popok atau eksim susu.

Biang keringat ditandai dengan timbulnya bintil merah yang disertai rasa gatal. Biasanya timbul di daerah dahi, paha dan bagian tubuh lain yang tertutup oleh pakaian bayi. Biang keringat ini disebabkan oleh hawa udara
yang panas dan pengap sehingga menyebabkan tersumbatnya kelenjar keringat. Sedangkan ruam popok ditandai dengan timbulnya radang di daerah yang tertutup oleh popok, seperti di pangkal paha atau di pantat. Biasanya berwarna merah diserta luka ringan dan terasa gatal.

Bagaimana perawatan untuk menjaga kelembutan kulit bayi?

  • Mandi secara teratur, sebaiknya tiga kali sehari dengan menggunakan sabun khusus untuk bayi.
  • Setelah selesai mandi, keringkan dengan handuk bayi yang lembut dan pastikan bahwa daerah yang tertutup maupun daerah lipatan benar-benar kering.
  • Gunakanlah pakaian bayi yang tidak terlalu ketat dan tebal untuk menghindari timbulnya keringat yang berlebihan.
  • Saat bayi berkeringat sekalah dengan lap basah dan keringkan dengan kain bersih. Taburkan bedak bayi yang lembut (tipis saja) ke kulit bayi Anda.
  • Bawalah atau letakkan bayi dalam ruangan yang memiliki ventilasi yang cukup untuk pertukaran udara.
  • Gunakan popok yang lembut dan mudah menyerap basah.
  • Jangan terlalu lama menggunakan popok atau diaper. Segera ganti dengan popok yang baru saat popok sudah basah. Dan jangan lupa untuk membersihkan daerah popok terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan dengan kain atau handuk yang lembut. Lalu berikanlah bedak lembut pada kulit bayi Anda.
  • Untuk mencegah eksim susu, beberapa perawatan yang bisa dilakukan seperti menghindari penggunaan air yang terlalu panas, menggunakan sabun mandi khusus untuk bayi, mengoleskan lotion bayi setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulitnya. Jika kondisi membusuk dan lebih banyak kulit teriritasi, maka segera bawa ke dokter.
Demikian beberapa tips bagaimana cara merawat kelembutan kulit bayi. Tentunya masih banyak tips lainnya sesuai dengan kasus tertentu dan pengalaman yang berbeda untuk setiap Ibu. Nah, buat pembaca yang memiliki pengalaman dalam merawat kulit bayi dan ingin berbagi dengan pembaca yang lain, silahkan disampaikan pada ruang Post a Comment di bawah artikel ini. Semoga Bermanfaat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment