Di Mana Sebaiknya Menggadaikan Emas?

Diposkan oleh viproject on Thursday, February 21, 2013

Berdasarkan tanya jawab di situs yahoo she indonesia dengan judul aslinya "Di Mana Tempat Terbaik Menggadaikan Emas?", seorang QM Planner, Purwanti Wulandari, memberikan saran untuk alternatif dimana sebaiknya kita menggadaikan emas?


Tanya:
Saya memiliki dana Rp6 juta saat ini, dan saya berencana untuk membelanjakannya menjadi logam mulia (emas). Emas ini nantinya akan saya gadaikan ke pegadaian saat dibutuhkan. Kira-kira investasi seperti ini baik atau tidak,ya?
Nita, Jakarta

Jawab:
Dear Mbak Nita,

Berinvestasi pada emas dalam bentuk logam mulia (LM) secara umum merupakan langkah yang baik. Hal ini dikarenakan harga LM cenderung lebih stabil dan tidak ada potongan yang besar ketika dijual kembali, dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan. Dengan dana Anda yang tersedia saat ini, lebih baik dibelikan LM langsung 10 gram karena kalau yang kecil-kecil jatuhnya lebih mahal.

Mengenai rencana Mbak Nita untuk menggadaikan LM ke Pegadaian saat dibutuhkan, mohon dipertimbangkan lagi karena menurut hasil riset kami di Pegadaian terdapat biaya penyimpanan yang cukup mahal. Sekarang sudah ada alternatif lain tempat untuk menggadaikan barang berharga Anda, misalnya di bank. Sekadar informasi, bank syariah memberikan ketentuan biaya penyimpanan yang lebih rendah. Jika memperhitungkan biaya penyimpanan tersebut dengan jeli, mudah-mudahan investasi Anda pada LM tetap menguntungkan.

Purwanti Wulandari/QM Planner
www.qmfinancial.com

sumber: yahoo she id

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment